Sabtu, 23 Januari 2016

Sudahkah Kita Khusyuk?

Sholat yang khusyuk adalah sholat yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh, iklhas dan penuh kesadaran dalam rangka mengabdi pada Allah. Sholat adalah sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Khaliknya. 


Sebagian besar umat Islam merasakan sholat hanya sebagai suatu kewajiban yang harus dipenuhi. Mereka menyangka sholat itu adalah untuk kepentingan Allah, bukan untuk kepentingan dirinya. Kadang kala mereka melakukan sholat dengan malas dan rasa terpaksa. Mereka sholat sekedar memenuhi kewajiban agama saja.



Sholat adalah sarana untuk beridialog yang disediakan Allah bagi seorang hamba yang membutuhkanNya, oleh karena itu Allah melarang seseorang mengerjakan sholat dalam keadaan mabuk , hingga ia mengerti apa kalimat yang diucapkannya didalam sholat.


Khusuk


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan,….(An Nisa 43)



Dalam hadist lainya Rasulullah juga mengingatkan :


"Yang pertama-tama diangkat dari umat ini ialah khusyu, sehingga tidak terlihat seorangpun yang khusyu". (HR. Ahmad dan Ath-Thabrani)


Sholat yang dilakukan dengan khusyuk dan benar akan memberikan efek positif baik untuk jasmani maupun rohani serta dalam kehudupan sehari hari yang segera bisa dirasakan didalam sholat maupun setelah selesai sholat antara lain:

    Gerakan sholat yang benar akan memperbaiki aliran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.
    Bernapas dalam dan teratur didalam sholat akan meningkatkan kadar oxigen didalam darah
    Gerakan rukuk, sujud dan berdiri yang dilakukan dengan tenang dan perlahan , memberikan suasana relaks pada tubuh
    Doa yang dibaca didalam sholat akan memberikan dampak positip bagi kesehatan dan kebugaran tubuh (Do,a al Fatihah dan duduk iftirash)
    Dalam jangka panjang tubuh menjadi sehat, kuat dan memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan berbagai penyakit medis dan non medis.
    Doa yang dibaca dalam sholat memberi efek positip bagi jalan hidup antara lain dimudahkan semua urusannya, dijauhkan dari berbagai kesialan dan kemalangan, dicukupkan semua hajat dan kebutuhannya, dilindungi dari berbagai bahaya , fitnah dan kejahatan mahluknya yang terlihat maupun tidak terlihat.
    Dampak positip pada rohani antara lain memiliki daya tahan tinggi terhadap berbagai musibah, bencana dan kesulitan yang datang menghadang.
    Bebas dari perasan tertekan dan stres yang berkepanjangan


Orang yang beres sholatnya akan mendapat keuntungan akhirat antara lain:

    Menerima kitab catatan amal dari arah kanan
    Dihisab dengan hisab yang mudah
    Tubuhnya dipenuhi dengan cahaya yang menerangi sekitarnya dipadang mahsyar
    Memiliki wajah putih berseri dihari berbangkit
    Melewati jembatan ashirat secepat kilat
    Dimasukan kedalam taman syurga dan mendapat penyambutan penghormatan dari para malaikat penjaga syurga.

Orang yang menyia- nyiakan dan tidak beres sholatnya akan mendapatkan kerugian antara lain :

·Menerima kitab amalan dari arah belakang

·Dihisab dengan hisab yang sulit

·Ditempatkan ditempat yang sulit dipadang mahsyar

·Wajahnya hitam legam muram penuh kegelapan

·Melewati ashirat dengan susah payah , bahkan terperosok ke lembah neraka

·Dilemparkan ke dalam Neraka yang panas membara, diberi makan pohon zaqum (duri) dan diberi minum air yang mendidih dan nanah.




0 komentar:

Posting Komentar